Let's Talk About: Bolt, jangan jadi bolot

12:53:00 AM

Tadinya sama sekali gak tau soal apa sih Bolt itu. Terus tiba-tiba di twitter rame, banyak yang pake dan bilang kalo hidup online mereka terselamatkan oleh kehadiran Bolt ini di tangan mereka. Di kantor pun ada beberapa temen gue yang juga pake dan bilang "Wuiiih...ini keren banget. Gue bisa youtube-an gak pake buffering. Trus bisa online di beberapa device sekaligus dan sama sekalagi gak nge-lag." Kata-katanya persis sama seperti yang rame dibicarakan di twitter (Jangan-jangan temen kantor gue bintang iklannya lagi...kok kata-katanya sama persis ya...hahaha).

Anyhoo...akhirnya, yang tadinya gak tergoda, eh malah ikutan beli juga. Mengingat selama ini gue kalo mau internetan di kost-an kudu pake tethering dari handphone. Lumayan sih sebenernya tethering pake handphone itu, tapi namanya juga sinyal provider telepon ya, kadang-kadang palsu semua. EDGE-nya sih gede tapi kenyataannya cuma di-php-in doang. Jadi ya gue pikir kenapa gak nyobain nih si Bolt, apalagi kelihatannya sudah banyak orang yang membuktikan sendiri kecanggihan 4G dari Bolt ini. Di kost-an pun gue lihat banyak juga yang pake ternyata. Yaudah deh, sikaaat.

Begitu lo baru beli Bolt, lo akan dapet 8GB buat 30 hari secara cuma-cuma. Pas pertama kali nyoba konekin iPod gue ke wifi-nya Bolt, eh gagal terus. Sebenernya sih wifi-nya udah konek, cuma kayaknya sinyalnya juga ikut-ikutan palsu kayak provider lain. Lama banget baru bisa update social media dan email melalui iPod. Bahkan malah gak mau update. Gue gak ngerti kenapa kok Mifi yang harusnya canggih ini malah langsung mengecewakan gue disaat gue pertama kali nyoba. Gue mencoba untuk positive thinking aja dulu. Mungkin karena gue belum nge-boost kuotanya jadi aja sinyalnya kacrut. Eh tapi gue inget, kan dapet 8GB gretong ya, kok malah kacrut sih? Emangnya 8GB segitu cepetnya abis? Kan gak mungkin. Jadi gue memutuskan untuk nanti saja nge-boost kuota. Gue pun mencoba lagi untuk menggunakan si Bolt ini di kantor. Ternyata hasilnya sama aja. Sinyalnya malah cuma satu bar doang. Yaoliii...

Gue penasaran, akhirnya gue mencoba cari tahu pendapat orang-orang mengenai si Bolt ini di blog-blog pribadi. Beberapa dari mereka bilang kalo lo mau sinyal lo kenceng, semua tergantung lokasi. Bahkan ketika lo pindah tempat atau bergeser sedikit dari tempat lo mendapatkan sinyal banyak, lo bisa langsung ilfil seketika karena tiba-tiba sinyalnya langsung drop. Dang! Pantes. Soalnya temen kantor gue yang pake Bolt, kelihatannya aman-aman aja karena sepertinya posisi duduk dia memungkinkan si dewa sinyal untuk menghampiri. Dan ternyata tempat duduk gue harus dipasang tanda sudi mampir dulu baru si dewa sinyal mau dateng, itu pun kayaknya dia pake mikir lama dulu. Kan males ya hanya untuk konek ke internet menggunakan si mifi ini, gue harus pindah posisi duduk.

Gue masih mencoba untuk berpositif ria lagi. Gue masih penasaran dengan kebenaran tentang posisi ini. Gue pengen ngetes lagi di kost-an. Kebetulan gue juga baru beli laptop baru (ciyeee...sombong nih yeee...) jadi sekalian pengen nyoba buat internetan di laptop ini. Gue mencoba menggunakan si mifi di tempat tidur, hasilnya kacrut. Gue mencoba si mifi ini di atas meja, hasilnya kacrut juga. Gue mencoba si mifi ini di atas lemari (mifi-nya doang yang ditaro diatas lemari, gue sih tetep di tempat tidur sama si laptop) trus gue buka jendela dengan harapan ada secercah harapan akan sinyal yang masuk ke dalam kamar, akhirnya sinyalnya pas dicek naik jadi 3 bar dan gue pun sempat berhasil mengunduh chrome buat si laptop. Perlu gue akui ketika sinyalnya bagus, performanya juga bagus, karena kenyataannya gue mengunduh hanya dalam hitungan menit. Tapi sialnya, kehadiran dewa sinyal gak bertahan lama. Doi sepertinya bimbang mau stay lama-lama di kamar gue atau gak, karena sinyalnya jadi naik turun, bro. Langsung gemes lagi deh ke si Bolt ini. Minta dibanting. Gue udah bingung harus naro si mifi ini dimana lagi biar sinyalnya stabil dan gak kayak naik rollercoaster lagi. Gue langsung gak bisa konek ke internet lagi dengan seketika, padahal posisi si mifi gak berpindah sama sekali. Doi masih nangkring manis diatas lemari.

Gue sih masih belom mau nyerah sih sama si Bolt, apalagi gue baru beli juga. Masa' udah mau gue jual lagi, rugi lah. Sementara ini kan gue masih menggunakannya di seputaran kost-an sama kantor doang, gue masih belom nyoba di tempat lain (walaupun sebenernya sih tempat yang utama ya cuma 2 lokasi itu doang buat gue...huhu) dan gue pun belom pernah nyoba untuk nge-boost kuota dan gue juga masih belom nyoba posisi-posisi baru di kost-an, jadi ya gue memutuskan untuk make si Bolt ini terus lah sampe dia bener-bener mengecewakan gue. Sebenernya kehadiran si Bolt ini menyegarkan, karena kenyataannya pengguna internet di Indonesia itu banyak tapi kecepatan sinyal disini gak secepat negara tetangga. Jadi dengan penawaran yang ditawarkan oleh Bolt (4G, man. Selama ini kita cuma mentok di 3G) diharapkan sih bisa jadi sumber pengharapan baru buat para fakir wifi seperti gue ini. Cuma mungkin karena masih baru banget, jadi infrastruktur pendukung mifi ini masih minim kali ya, makanya tu sinyal udah kayak rollercoaster. Diharapkan sih dalam waktu dekat Bolt udah bisa memajukan infrstruktur dan fasilitas pendukung supaya para penggunanya bisa berselancar di dunia maya dengan jauh lebih nyaman. Kalo kata temen gue sih "Semoga lo ga berubah jadi bolot, ya, Bolt."

Buat kalian yang mau beli Bolt sekarang, sebaiknya make sure dulu kalau jangkauan si Bolt nyampe ke lokasi lo berada biar lo gak kesel sendiri nantinya. Sebelum memutuskan untuk beli, pinjem aja dulu punya temen lo trus lo tes di tempat lo berada. Kalo ternyata hasilnya oke, yaud lo ambil aja tu Bolt temen lo, dan lo suruh temen lo untuk beli lagi yang baru. Hehehe. 

You Might Also Like

0 comments

Thank you for your attention! Regards!

Blog Archive