Disney's Indonesian Cultural Representative: WEEK ONE SCHEDULE

7:45:00 PM


Di awal kedatangan, sebenernya gue gak cuma dikasih welcoming pack (yang isinya jadwal bus, notebook sama detergen dan pelembut pakaian) tapi juga dikasih arrival week itinerary. Nah, di minggu-minggu pertama ini biasanya diisi dengan meeting dan appointment. Cailah, berasa orang penting gak tuh? Haha. 

Well, sebenernya sih meetingnya sama orang housing untuk membicarakan aturan-aturan yang berlaku, apa yang boleh dan apa yang gak boleh dilakukan serta konsekuensinya kalo melanggar. Ini biasanya dilakukan di hari kedua setelah kedatangan. Gue dikumpulin di satu ruangan besar (The Commons Clubhouse) barengan sama semua CM yang tanggal kedatangannya sama kayak gue. Ini gak berlangsung lama sih, paling sampe lunch gitu. 

Udahannya sekitar jam 2-an gue harus dateng ke drug & alcohol testing di Vista Way. Ini berlaku untuk CRP yang kerjanya di operation atau attraction. Sehari sebelum check-in date, ada lembaran pre-authorization dikirim lewat email yang harus gue isi. Intinya sih gue meyetujui bahwa gue akan dites drug and alcohol.


Gue inget banget nih pas di testing ini gue minum banyak banget saking volume urine gue gak mencapai target yang diinginkan si dokter. Gue udah coba menampung sebanyak mungkin di percobaan pertama, tapi nasib menyatakan lain. Gue harus coba buang air kecil lagi sampe volumenya mencukupi kebutuhan. Entah berapa gelas air yang gue minum sampe gue eneg sendiri jadinya. 

Saran gue, sebelum testing ada baiknya minum yang banyak, jadi pas begitu sampe di tempat tes lo tinggal mengeluarkan sesuai kebutuhan, gak perlu sampe disuruh buang air kecil dua kali. Sepele kesannya tapi menurut gue penting, karena percayalah, rasanya gak enak ketika lo harus memaksa diri lo untuk buang air padahal lo gak kebelet (dan kenyataan bahwa temen-temen di sekitar lo pada sukses di percobaan pertama jadi mereka bisa cepet pulang atau kenyataan bahwa lo harus di tes ulang di hari berikutnya karena ternyata urine lo terlalu jernih saking lo minum kebanyakan)

Di hari ketiga masih diisi dengan meeting. Kali ini lebh ke paperworks. Di hari ketiga ini urusannya sama soal imigrasi, kontrak kerja dan kertas-kertas penting lainnya. Masih tetep dikumpulin di The Commons Clubhouse, disini gue harus merhatiin bener-bener instruksi yang diberikan sama orang housing dalam mengisi berkas-berkas penting. Salah ngisi, bisa berpengaruh sama status imigrasi dan Social Security Number card yang bakalan gue dapetin nanti.

Hari keempat (biasanya jatuh di hari Jumat) ini adalah hari libur. Yay! Hari ini gue gak perlu pusing mikirin harus bawa dokumen apa lagi atau mengisi berkas apa lagi. Gue bisa santai. Dan pas banget kemaren gue dapet hari Jumat yang bertepatan dengan Halloween. Jadi gue mengisi Jumat malam gue dengan bar hopping di daerah downtown Orlando. Hampir lupa kalo besoknya gue masih ada meeting lagi di pagi hari. Pas nyampe rumah, tepar berat. Haha.

Hari kelima adalah hari yang bersejarah. Kenapa? Karena di hari ini lah akhirnya gue mendapatkan Traditions. Apa itu Traditions? Traditions adalah kelas dimana gue akhirnya diperkenalkan dengan segala macem tentang Disney. Mulai dari awal cerita kenapa Walt bangun Disneyland sampe ke detail-detail lain mengenai budaya perusahaan. Traditions class itu seru-seru boring. Seru karena gue bisa tau banyak tentang Disney sebagai company, boring karena layaknya kelas atau seminar, ya gue menghabiskan waktu di dalem ruangan terus. Eh tapi bakalan ada momen-momen surprise yang bisa bikin gue girang dan ketawa-ketawa sendiri saking senengnya. Kelas ini adalah momen dimana Disney akhirnya secara formal menerima gue sebagai Cast Member-nya. Woohoo! 

Oh iya, balik lagi ke soal drug and alcohol testing, kalo seandainya gue waktu itu ternyata harus tes ulang lagi, itu tandanya gue gak bisa ikutan kelas Traditions yang sama dengan temen-temen yang kedatangannya sama kayak gue. Gue harus mengikuti kelas Traditions yang beda. Kelas Traditions yang beda berpengaruh sama tingkat senioritas di tempat kerja (iya, di Disney, senioritas berpengaruh, tapi nanti aja di post lain gue jelasin).

 Dapet ear hat gratis. gak usah beli. yeah!

Udah deh, minggu pertama gue berakhir dengan hari penuh kelas. Haha. Setelah itu, di minggu kedua, disini akhirnya gue bertemu dengan manajer gue di lapangan dan akhirnya gue mendapatkan insight (dan kelas lagi) mengenai pekerjaan serta park tempat gue bekerja, apalagi kalo bukan Disney's Animal Kingdom.

You Might Also Like

0 comments

Thank you for your attention! Regards!

Blog Archive