Disney's Indonesian Culture Representative: WEEK TWO SCHEDULE

3:45:00 PM


Minggu kedua setelah kedatangan adalah minggu dimana hari-hari juga masih penuh dengan kelas dan training. Malah menurut gue minggu kedua ini jauh lebih melelahkan dibanding minggu pertama, karena di minggu kedua inilah gue akhirnya berkenalan langsung dengan pekerjaan gue dan semua orang yang terlibat di pekerjaan ini.

Minggu kedua diawali dengan kelas perkenalan terhadap apa itu Operations. Pekerjaan sebagai Cultural Representative itu termasuk dalam line of business Operations. Semua Cast Member yang kerjanya di park, dimulai dari yang kerja di attraction sampe custodial, itu termasuk dalam Operations. Agak susah ngejelasinnya, sih, tapi ya gitu lah. Haha. 

Gue juga mendapatkan kelas DAKlimation. DAKlimation itu macam kelas Traditions tapi khusus untuk orang-orang yang kerjanya bakalan di Disney's Animal Kingdom (DAK - hence the name). Jadi masing-masing park bakalan beda-beda namanya. Di DAKlimation, gue dikenalin sama DAK dan apa aja isinya DAK mulai dari ujung satu ke ujung lain, backstage area maupun on stage area. Di kelas Operations dan DAKlimation ini gue sama sekali gak diajarin manager gue. Gue diajarin oleh para coordinator dan trainer lain yang gak bakalan jadi immediate superior gue. 

Ada juga kelas Cultural Awareness, kelas dimana gue dan para cultural rep lain dikumpulin di satu ruangan terus kita pure ngomongin culture dan gimana caranya biar bisa saling menghargai budaya satu sama lain. Disini gue akhirnya mulai bisa mengenal cultural rep yang lain (Asian and African culture reps) karena memang kita harus bercerita tentang pengalaman pribadi. Ini salah satu kelas favorit gue. Walopun kelasnya sebentar tapi membekas. Terus gue dapet banyak mainan gratis. Hahaha.

hanya dalam waktu 2 jam saja

Kelas yang diajarin langsung oleh para immediate manager dan coordinator adalah kelas perkenalan terhadap Cultural Representative dan apa aja tugasnya. Terus belajar masuk ke The HUB. The HUB adalah sistem khusus untuk para CM untuk mengakses semua informasi yang terjadi di seluruh park (baik Disneyland maupun Walt Disney World), mengakses semua yang berkaitan dengan jadwal kerja, mengakses payroll, mengakses perks for being cast member, dan masih banyak lagi. Pokoknya ini adalah website khusus untuk para CM dan hanya bisa diakses oleh CM. 

Kelas lain yang diajarin oleh manager adalah radio training, scheduling, reprimand and points, rotation, lesson plan, dll. Terus latihan menggunakan prop dan gimana caranya meng-engage tamu supaya tertarik untuk ngobrol sama kita.
Buku pengetahuan. hahaha. penting nih.

Di minggu kedua ini gue juga akhirnya pergi ke costuming buat pilih-pilih dan ukur-ukur kostum. Perlu dicatat kalo di Disney gak ada yang namanya seragam/uniform, adanya kostum. Kita semua sebagai CM adalah aktor dan aktris yang setiap hari memberikan show kepada para tamu. Karena itulah kita disebut CAST Member bukan employee atau sebutan lainnya. 

Untuk Asian and African culture rep sendiri, kostumnya  paling beda dari antara seluruh CM yang ada. Kostum kita spesial, dibikin khusus  untuk kita. Kece gak tuh? Masing-masing culture rep disuruh milih lima pasang kostum dan tiap kostum beda-beda warna dan model. Asik, jadi gak bakal bosen tiap hari pake kostum yang monoton. Sebelum akhirnya dapet kostum yang bakal gue pake untuk kerja, gue dapet kostum sementara. Gue harus menunggu selama sekitar dua minggu sampe akhirnya kostum gue bisa diambil. 

si kostum sementara. warnanya pink ngejreng
 
Minggu kedua diakhiri dengan dapet libur selama empat hari. Abis liburan langsung dapet jadwal kerja deh dan di training langsung sama immediate trainer gue di lapangan. Setelah itu sudah mulai kerja beneran, udah masuk dalam rotasi. Yang jadi immediate trainer gue adalah culture rep yang udah kerja di DAK duluan.

Eh, hampir lupa. Sebelum libur, biasanya ada Schedule Bid dulu. Disini culture rep bisa nentuin mau dapet hari libur kapan. Tapi berhubung tingkat senioritas gue rendah, jadi kadang cuma bisa terima nasib aja dapet basian hari libur karena hari libur yang dimau udah diambil sama senior. Iya, disini masih ada senioritas dan ini ditentukan oleh personnel number (perner number) dan kapan gue dapet kelas Traditions. 

Jadi, kalo misalnya perner number gue 00000023, sementara di batch kedatangan yang sama kayak gue ada yang bernomor 00000021, ya dia duluan yang berhak buat milih jadwal di schedule bid. Tapi bisa terjadi sebaliknya apabila ternyata si nomor 00000021 ini mengikuti kelas Traditions sesudah gue. Ini kejadian beneran sama gue dan temen gue. 

Masih inget cerita soal temen gue yang harus tes ulang pas lagi drug and alcohol test? Nah, gegara dia kudu tes ulang, alhasil dia tidak mengikuti kelas Traditions yang sama dengan gue. Dia harus mengikuti kelas Traditions di hari setelahnya. Walaupun perner number dia sebenernya jauh diatas gue, tapi gara-gara dia gak ikut di kelas Traditions yang sama, alhasil senioritas gue jadi diatas dia. Tapi kayaknya ini kasus yang jarang terjadi sih. 

Yah, gue cuma bisa bilang, kalo ternyata lo adalah yang paling bontot diantara semua, siap-siap aja terima nasib. Terima nasib gak bisa bebas milih hari libur dan terima nasib harus terus-terusan dapet shift closing. Maknyusss. Dan penderitaan ini akan berakhir ketika akhirnya anak baru berdatangan dan schedule bid selanjutnya diadakan. 

(Notes: Gue bahagia banget akhirnya penderitaan gue berakhir karena sekarang anak baru udah pada dateng dan gue udah gak jadi kedua paling bontot lagi. YESSSSSS!!! Adios closing shifts!!!).

You Might Also Like

0 comments

Thank you for your attention! Regards!

Blog Archive