Let's Talk About: BIGBANG's MADE Tour in Las Vegas (Part 2)

7:15:00 PM


Sesuai janji gue, gue bakalan ngebahas setlist di post kali ini sekalian ngebahas gimana konser berjalan dan pendapat gue tentang masing-masing performance. Di konser kali ini gue gak megang henfon sama sekali. Well, cuma beberapa saat doang ketika ending dan ketika Seungri lagi berbuat bodoh di atas panggung karena gue pengen nunjukin ke temen gue yang biasnya adalah Seungri. Selebihnya gue mencoba untuk menikmati konsernya tanpa merekam dan mengambil foto sama sekali. Alhasil sekarang gue lupa urutan setlistnya. Hahahaha. Tapi gue akan mencoba mengingat2 kembali deh.

Okay, let's start!

Gue udah duduk anteng di tempat duduk gue dari jam 7:55 malam. Pas gue masuk, seperti biasa MV dari semua lagu-lagu BIGBANG sedang diputar untuk mengisi waktu sebelum konser dimulai. Akhirnya ketika Fantastic Baby diputar, volumenya terdengar jauh lebih besar. Sepertinya itu tandanya konser benar-benar akan dimulai. Tepat jam 8:15 malam, akhirnya konser resmi dimulai. Dibuka dengan video BIGBANG lagi dikejar-kejar dan ditembakin sama dua orang cewek seksi. Lumayan panjang juga video openingnya. Setelah beberapa saat, intro Bang Bang Bang pun akhirnya terdengar juga. Penonton pun menggila

BANG BANG BANG
Lagu ini memang cocok banget sebagai pembuka konser. Bener-bener bisa ngebuat orang ngantuk jadi melek seketika. Hahaha. Energinya jadi langsung meningkat in an instant. Gue suka aransemen musiknya yang lebih rock-ish. Trus banyak laser sana-sini. Trus ada fireworks juga. Suasananya jadi sangat festive. Setelah istirahat beberapa hari dari hari terakhir mereka manggung di Asia, sepertinya semua member jadi punya energi baru untuk memulai American tour-nya. Semangat banget openingnya, bro. Haha. Bagus lah. Eike kan jadi semangat juga nontonin adik-adik kece ini.

Setelah Bang Bang Bang, langsung dihajar Tonight.

TONIGHT
Mungkin kalo gak ada Bang Bang Bang, lagu ini akan tetep jadi andalannya BIGBANG buat jadi lagu pembuka, macam di konser ALIVE dulu. Aransemennya sedikit berubah dari jaman ALIVE. Yang jadi highlight pas GD sok-sok mainin prop gitar sebelum ending trus sama kembang api sana-sini.

Lanjut lagi ke Stupid Liar

STUPID LIAR
Gue gak ngerti kenapa Stupid Liar dimasukin ke setlist. Lagunya sih sebenernya gak jelek-jelek amat, tapi menurut gue masih ada Feeling atau Hands Up yang lebih kece kalo emang mereka mau masukin lagu "not-so-famous" ke dalam setlist. Highlight di lagu ini suaranya Daesung, aksi cute Lil Seung sama GD di awal lagu, permainan kata-kata di layar besar dan dua panggung yang bergabung jadi satu panggung besar tepat diatas penonton di floor area. Di lagu ini BIGBANG juga sibuk dadah-dadah sana-sini buat menyapa audiens dan memperkenalkan diri masing-masing.

Gak pake napas, BIGBANG langsung nyanyiin Haru Haru.

HARU HARU
Gue sangat suka aransemen lagunya. Saking bedanya, gue sampe bingung pas intronya dimulai, gue gak tau mereka mau nyanyiin lagu apa. Haha. Lagunya jadi ballad gitu. Mirip sama versi akustiknya tapi lebih berwarna aja musiknya. Of course, all the audiences sing along to this very famous song. At the end of the song, BIGBANG ngilang lagi dari panggung tapi lagu masih terus berjalan, instrumental gitu jadinya. Suka. Jadi ngebuat lagunya makin sakral.

Kayaknya abis lagu ini ada video deh. Lupa gue. Oke, pokoknya abis intermission sebentar, BIGBANG balik lagi ke panggung buat nyanyiin Loser.

LOSER
Seperti layaknya di panggung comeback di Korea, mereka pake mirror-mirror gitu. Gak ada yang special-special amat sih di lagu ini. Pretty much the same performance yang udah sering diliat di tipi atau di pidio-pidio comeback stage.

BIGBANG ngilang lagi (demen amat mereka ngilang-ngilang di panggung). Trus nongol lagi buat nyanyiin Blue.

BLUE
Yaowoh. Ini lagu emang gak pernah gagal bikin meleleh ya, bro. Gue suka panggungnya yang naik turun sesuai dengan urutan member yang nyanyi. Aransemen diawal lagu dibikin beda, terus gap sebentar, baru pas giliran TOP mulai nyanyi aransemen lagunya back to the original.

Saatnya ngobrol-ngobrol goblok barengan sama BIGBANG. Sumpah kocak banget, terutama dua member muda, siapa lagi kalo bukan Daesung sama Seungri.

Abis ketawa ngakak gara-gara Dae dan lil Seung, terus audiens diajak nyanyi Bad Boy. Dan Bad Boy pun mengudara setelahnya.

BAD BOY
Nothing much happened during this song. They just sang it like usual, but still, since this song is their famous one, so it didn't feel anything less tho nothing special's going on. Mereka cuma ngerubah koreo dikit pas menjelang ending. They put the whip nae nae moves inside the choreo.

Ngilang lagi, nongol lagi buat nyanyi lagu If You

IF YOU
Somehow buat gue lagu ini jauh lebih kece dibanding Loser. Tadinya gue suka banget sama Loser, tapi semenjak If You keluar, gue langsung meleleh dibuatnya. Jadi pas dengerin lagu ini, gue nyaris mewek saking serius dengerin. Haha. Mood lagunya emang emo banget, bro. Panggung simple, gak macem-macem. Cuma BIGBANG dengan mic + mic standee masing-masing, nyanyi sambil berdiri. Feel-nya macam dengerin mereka nyanyi lagu Café di konser ALIVE.

Gue sepertinya tidak mendengar Lies dinyanyiin. Sepertinya lagu itu di cut dari setlist

Okay. Saatnya solo act. Solo act pertama will be Seungri.

STRONG BABY
"Give me some fuckin noise, Las Vegas!" That's what Seungri said to open his solo act. Wah, anak kecil ini cursing di panggung. Hahaha. Gue somehow suka Strong Baby yang ini dibanding waktu jamannya ALIVE. Seungri terlihat lebih dewasa dan lebih bebas dan gak ribet sama prop. Dia cuma sibuk sama nari seksi dan nyanyi. Suka ngeliat Seungri di panggung yang sekarang. Good job, maknae. Boleh kok memuji diri sendiri, asal jangan kebanyakan aja ya, Seung. Haha. Untuk visual background di screen juga keren. Much much better than the laser gun three years ago. Haha.

Abis Seungri, gilirannya Daesung buat solo. Masih dengan lagu andalannya, Wings.

WINGS
Di performance Wings kali ini juga beda sama jaman ALIVE. Kalo dulu Dae sibuk sama nari dan prop (doi pake terbang-terbang segala), sekarang Dae lebih santai dan lebih focus sama nyanyi. Suaranya tetep, gak ada yang ngalahin. Seneng juga ngeliat Dae di panggung ini. Udah gak grogi. Udah lebih lepas. Udah bisa bikin dirinya nyaman dan bikin panggung jadi milik sendiri. Good job, Dae. Wings sendiri masih tetep bisa bikin gue semangat dengerinnya. Lagu ini emang bagus sih, menurut gue.

Daesung keluar dari panggung, dan TOP pun merajai panggung setelahnya.

DOOM DA DA
Emang dasar rajanya rap ya. Gue sih cuma bisa bow down doang. Gimmick panggungnya sendiri gak banyak yang special, cuma laser sana sini dan TOP sendiri kan emang gak bisa nari. Tapi emang fokus utama gue ke TOP kali ini adalah kemampuan rapnya yang emang super keceh berat, apalagi pas dia lagi fast rap di bagian kedua. Wah. Wah. Wah. Bow down lagi. Emang paling asik ngeliat dia rap live dan Doom Da Da bisa bikin dia makin kece dengan rapnya. Aransemen musiknya sedikit diubah jadi lebih rock-orchestra-ish dan itu sama sekali gak jelek. Malah bikin lagunya makin keren dan jadi lebih hyped. Wah, pokoknya wah deh si TOP. Gak perlu macem-macem di panggung, doi bakalan tetep keren. *bias banget sih lu, Bon. Haha*

Abis Doom Da Da yang kenceng banget, akhirnya di-calm down sedikit dengan kehadiran sang penyanyi yang biasanya doyan buka-buka baju di panggung, Taeyang.

EYES, NOSE, LIPS
Yap. Lagu andalan banget dari album solo keduanya Taeyang, jadi kudu dinyanyiin. Gak ada yang special di panggung. Cuma Taeyang berdiri di tengah panggung dan bernyanyi sepenuh hati. Suaranya juga keren, seperti biasa. Yang gue heran, di konser kali ini, gak ada tuh yang namanya buka-buka baju di panggung. Wah, tumben, masbro. Suatu kemajuan ya, masbro. Haha.

Abis itu energinya naik lagi karena tetibaan panggung berubah rada-rada merah gitu dan ada GD sama TOP nongol di panggung nyanyiin Zutter

ZUTTER
Lagu ini sebenernya biasa aja tapi ya berhubung yang nyanyiin si duo maut, bocah jenius dan rapper super ganteng, jadinya ya keren aja mau diapain juga. Hahahaha. Sangat bias sekali sayah yah. 

Zutter berakhir, Taeyang pun nongol di panggung gantiin TOP. Selanjutnya si lagu aneh Good Boy pun mengudara.

GOOD BOY
Lagu ini tuh sebenernya bisa bikin love and hate relationship...terhadap lagu ini sendiri. Pertama kali dengerin gue bingung sendiri. Ini lagu apa sih. Tapi hooknya si "I am a good boy" itu emang masuk banget ke otak gue. Kudu didengerin berulang-ulang baru akhirnya gue nyambung sama lagu ini. Dan malam itu, somehow gue menikmati lagunya. Gue sih suka sama koreo-nya. Yang ada, di kursi, gue joget-joget sendiri ngikutin koreo. Agak aneh sih nari sambil duduk, tapi ya sudahlah ya. Yang gue suka di panggung Good Boy ini sih energinya GD. Gokil si bocah jenius ini. Kayak gak abis-abis baterenya.

Sementara si GD masih awet baterenya jadi giliran selanjutnya ya doi solo nyanyiin Crooked

CROOKED
Di panggung Crooked, GD gak banyak nyanyi. Lebih banyak lari sana-sini dan membiarkan audiens nyanyi sendiri. Lagi-lagi energy level-nya sangat canggih. Penasaran gue baterenya apaan ya? Energizer kali ya. Bener-bener macam kelinci Energizer doi. Gak bisa diem.

Sebelum Sober dikumandangkan, ada penampilan solo drum dari Daesung terlebih dahulu. Dan perlu gue acungi jempol, Dae mainnya bagus dan clean. Jadi terlihat keceh si smiling angel ini. Gak cupu lagi jadinya. Hahaha.

SOBER
Tetibaan GD nongol ke atas panggung pake topi berbulu lebat gitu. Random banget. Haha. GD masih dengan energy level yang ketinggian. TOP kece banget disini. Dae hebat juga bisa nyanyi sambil main drum sepanjang lagu. Seungri sama Tae juga gak kalah sih energinya. Gue jadi penasaran, apakah mereka mabok juga seperti di pembuatan video klipnya? Hahaha.

Selanjutnya lagu esek-esek pun ditampilkan. Hahaha.

BAE BAE
Nothing special sih di panggung ini. Highlight buat gue sih justru suaranya si Dae, stabil bener.

Udah saatnya berpisah, jadi ada part ngobrol-ngobrol terakhir. Ini adalah bagian paling goblok dari seluruh acara. Hahahahaha. Dan lagi-lagi di talk time kali ini yang bikin ketawa ngakak ya si Dae sama Seung. Harus liat sendiri baru bisa ikutan ketawa. Liat aja di video, mulai dari menit ke-3. Bagiannya Seungri sih paling goblok banget dah.


Abis dibikin ketawa ngakak, harus disadarkan dengan kenyataan bahwa konsernya udah mau selesai. Sebagai lagu penutup pastinya kudu lagu yang bikin BIGBANG terkenal di seluruh dunia, apalagi kalo bukan Fantastic Baby.

Oh btw, sebelum lagu terkahir, si GD ngasih tanda hati kecil pake 2 jari. Trus si Seung nyoba ngejelasin kalo itu tandanya adalah hati kecil bukan minta some shit. Hahaha. Koplak. Dan lucunya, gue been doing that thing since the beginning of the concert. I've beeen throwing that little heart sign in the air every time they finished the stage act. None around me doing the thing. At first, I felt weird since I was the only one doing it, but hey, look at what the idols did on the big stage. Same thing like me! Hahaha. Proud.

Okeo. Like GD said, "So tonight, Fantastic mothafuckin Baby!"

FANTASTIC BABY
Pastinya ya lagu ini bikin penonton menggila. Semua dengan kompak nyanyi bareng. Gue (lagi-lagi) cuma bisa joget-joget di kursi kayak cacing kepanasan. Uget-uget.

BIGBANG ngilang dari panggung. Panggung jadi gelap. Sedih sendiri jadinya. Tapi sebagai VIP sejati pastinya tau bahwa selalu akan ada encore. Hahaha. Ada beberapa orang yang meninggalkan venue setelah Fantastic Baby. Pasti mereka VIP abal-abal. Hahaha. JK. BIGBANG balik lagi ke panggung buat nyanyiin We Like 2 Party.

WE LIKE 2 PARTY (ENCORE)
My favorite song after If You. This song is so much fun. Semua audiens lagi-lagi kompak nyanyi bareng. Panggungnya jadi seru dengan confetti dimana-mana. Yang gue gak ngerti kenapa si TOP kudu pake topi koboi dan bawa-bawa cane, sementara yang lain kostumnya nyantai banget. Heboh sendiri kostummu, bingu-ya.


Abis selesai lagu ini, saatnya Taeyang (seperti biasa) memperkenalkan para anggota band dan para dancer. Dan entah kenapa Seungri banci kamera banget, jadi yang ada dia nyamperin masing-masing anggota band supaya dia ikutan nongol di layar. Dan sepertinya dia gak cuma ngelakuin ini di Vegas, tapi di tiap kota kayaknya. Dasar banci kamera. Hahaha. Abis semua melakukan last bow to the audience, panggung pun diakhiri dengan mengajak penonton nyanyiin sepenggal dari lagu Bae Bae sembari para member BIGBANG berjalan ke balik layar dan musik pun berhenti dan lampu menggelap dan lagu Let's Not Falling In love pun mengudara bersamaan dengan video di layar yang menayangkan credit title dan konser pun resmi berkahir. Dan saya pun sedih. Tapi saya super senang. Puassssssssss...

Thank you, BIGBANG, for existing in this world and in the music world. You guys are super cool. Super, super cool. You like?!

Once again, thank you!




Note: Gue baru sadar ternyata pas di Vegas, pas bagian encore, BIGBANG sama sekali gak nyanyiin Bang Bang Bang. Sementara di LA, mereka nyanyiin. Huaaaaaa...why?! Wae wae wae? Ini gak fair *ala Cinta di AADC*

You Might Also Like

0 comments

Thank you for your attention! Regards!

Blog Archive