Let's Talk About: BIGBANG's MADE Tour in Las Vegas (Part 1)

7:44:00 PM


Beberapa hari yang lalu, gue berkesempatan untuk nonton konsernya BIGBANG di Las Vegas. Setelah 3 tahun lamanya semenjak terkahir kali nonton mereka di konser ALIVE, akhirnyaaa...gue bisa memuaskan hasrat fangirling gue. Hahaha.

Las Vegas adalah kota pertama dari 4 kota di Amrik yang bakal didatengin BIGBANG untuk MADE tour ini. Sebagai penampilan di kota pertama di Amerika, gue sih gak kecewa setelah nonton. Gue puas. Bahagia lahir batin. Haha.

Cerita dikit soal kenapa gue milih Las Vegas sebagai tujuan gue. Sebenernya gue bisa ke kota mana pun di Amrik buat nonton, toh semuanya gak jauh dari Orlando, tempat gue tinggal. Bahkan Newark, NJ jauh lebih deket dibanding gue harus ke Las Vegas, Anaheim atau LA. Pertama, adalah soal tanggal. Gue harus nyesuain tanggal libur kerja. Banyak temen-temen gue yang mau liburan juga ternyata bulan Oktober, jadi gue kebagian awal Oktober deh buat liburan. Tadinya gue udah yakin dan manteb mau milih Anaheim sebagai kota tujuan. Gue yakin di LA pasti bakalan rame banget dan lagipula Anaheim deket sama Disneyland, jadi bisa sekalian main kesana. Eh, setelah cek sana-sini buat tempat tinggal, kenapa gak ada yang murah?! Mahal-mahal semua. Alhasil gak jadi deh nonton di Cali. Yaudah, pilihan yang tersisa adalah Las Vegas. Pas banget dapet airbnb harganya murah dan lokasinya deket banget sama venue, trus gue juga belom pernah ke Vegas, yaud deh. Akhirnya memantapkan diri lagi buat beli tiket yang di Vegas.

Oke. Sekarang gue bingung harus cerita darimana dulu. Haha. Hmmm...dari venue aja kali ya.

VENUE
Di Las Vegas, venue untuk konser ini adalah di Mandalay Bay Events Center. Letaknya ada di dalem hotel Mandalay Bay.

Ada cerita lumayan lucu (at least buat gue) sebelum akhirnya gue sampe di venue. Sebelum gue pergi nonton konser, gue jalan2 dulu seputaran Vegas. Pergilah gue ke museum namanya Mob Museum. Menghabiskan waktu disana dan hampir lupa waktu karena keasikan sendiri di dalem museum - kalo lo punya kesempatan ke Vegas, go to this museum. It's awesome - Alhasil gue nyaris telat ke venue. Ngejar bus (yang ternyata bus terakhir) dari Downtown yang udah penuh sama manusia, alhasil harus desek-desekan. Lalu traffic di The Strip yang aujubile menjijikan (macam di Jakarta aja) membuat gue makin resah takut telat. Gue akhirnya memutuskan untuk jalan kaki aja deh daripada harus nyangkut di kemacetan. Dan jadilah gue jalan kaki dari depan Aria sampe Mandalay Bay, yang gue kira deket, ternyata jauuuh, bro. Hadeuh. Dan brengseknya lagi, pas gue udah turun dari bus, udah jalan beberapa langkah nun jauh, eh ternyata trafficnya gak ada. Udah bubar macetnya. Brengki. Mau naik bus lagi kok kayaknya nanggung udah setengah jalan. Yaudah akhirnya ngos-ngosan deh jalan ngebut menuju venue. Begitu ngeliat Mandalay Bay di depan muka rasanya bahagia banget, tapi pas nyampe di depan hotel, gue bingung sendiri. Masuknya dari mana?! Gede amat sih hotelnya! Dan yah, akhirnya gue pun nyasar. Gue masuk bukan dari entrancenya Mandalay Bay, tapi dari Four Season, tetangga sebelah. Hahaha. Gue cuma bisa ketawa-ketawa sendiri melihat kebodohan gue menuju venue cuma demi mau nonton BIGBANG.

Nyampe di dalem Mandalay Bay, ternyata antriannya udah panjang bak ular melingkar-lingkar di atas pagar. Nyari the end of the line aja susah bener, bro. Jelas susah, itu udah jam 7:30 malem. Semua orang jelas aja udah bakalan ngantri, Bon. Pas akhirnya masuk antrian, gue baru sadar. Gue belom makan malem dan gue kebelet pipis. Kombinasi yang bagus. Berhubung gue nonton sendirian, dan gue masih gak familiar dengan budaya nonton konser di Amrik, akhirnya gue rela nahan-nahan 2 hasrat itu. Kasian amat sih lu, Bon.

Gue cukup amazed sama venuenya. Events Center ini adanya di dalem hotel dan ukurannya sendiri gak main-main gedenya. Kebayang gak tuh hotelnya segede apaan tau. Gue beli tiket di area Tribune lantai 2. Di tiket, udah jelas ada nomor area dan nomor bangku. Jadi gak bakalan ada tuh yang namanya rebutan bangku atau nyolong2 tempat. Dan kebetulan, area duduk (Tribune 1 dan 2) penuh, jadi gak mungkin pindah-pindah seenak jidat. Dan gue seneng sama posisi tempat duduk gue, pas bisa ngeliat seluruh panggung, walaupun jauh. haha. Untuk floor area, gak sepenuh daerah Tribune. Padahal (katanya) tiketnya udah abis kejual.

Berhubung gue dapetnya adalah Tribune area, which is kudu duduk, jadi selama konser berlangsung gue duduk aja. Hahaha. Mungkin juga saya sudah tua, jadi udah gak bisa loncat-loncat lagi. Alhasil cuma goyang-goyang dan heboh sendiri di kursi. Kebetulan juga, row yang gue dapet adalah paling depan, jadi gak perlu takut kehalangan orang lain. So I don'have to stand either. Btw, orang-orang di sebelah kiri gue semuanya pada anteng. Yang di kanan gue sibuk ngerekam sama facetime-an sama temennya di Korea - doi bikin live streaming sendiri, bro. Hahaha. 

STAGE
Layout panggungnya gak terlalu heboh. Bentuknya bukan T, jadi gak ada lidah panjang. Bentuknya lebih kayak O. Dan di bagian deket panggung tempat band berada, ada dua stage pake tangga yang lantainya terbuat dari kaca, jadi ada saatnya dua stage itu bergerak menjadi satu panggung gede tepat diatas audiens yang ada di area floor. Jadi audiensnya bisa ngeliat BIGBANG mondar-mandir dari bawah panggung kaca. Ya, agak susah jelasinnya sih, tapi ya gitu lah. Mungkin panggung juga sama kali ya di kota manapun. Entahlah, gue gak ngeliat fancam dari kota lain sama sekali, jadi gak pernah kebayang kayak apa di kota lain. Trus ada juga screen besar-besar, lifter, laser, confetti dan fireworks buat gimmick. Keren.

KOSTUM
Entah kenapa menurut gue di konser kali ini, semua kostumnya lebih santai dan gak aneh-aneh dan gak terlalu rame dengan warna. Semua terlihat nyaman terutama buat bergerak kesana kemari. Cuma kostumnya TOP sih yang sering heboh sendiri - pake long coat, pake topi koboi, pake tongkat. Yang lain mah santai banget, kebanyakan pake t-shirt dan jaket, kadang pake suits. GD yang biasanya suka dandan aneh-aneh malah gak macem2. Paling "aneh" cuma pake topi berbulu doing pas di lagu Sober. Tapi justru dengan kostum yang santai ini, gue malah ngerasa lebih deket sama mereka, terlihat jauh lebih approachable. Jadi berasa temen. Hahaha. Apa, sih?

RAMBUT
Di American tour ini, rambut masing-masing member udah berubah lagi aja. Si GD udah gak orens lagi. TOP udah balik ke gaya rambut sleek warna hitam. Taeyang rambutnya cokelat. Daesung rambutnya masih gitu-gitu aja dengan gaya nutupin mata. Seungri balik lagi ke blonde (atau silver?)

MUSIK dan ARANSEMEN
Gue sukaaa! Dikarenakan temanya adalah mafia-mafia gitu, jadi musiknya jauh lebih nge-rock. Banyak lagu yang aransemennya diubah dan gak jadi jelek setelah diubah. Malah jadi lebih keren, contohnya Haru Haru, Doom Da Da, dan Strong Baby.

SUARA dan DANCE
Suara masing-masing member stabil banget dari awal sampe akhir konser. Salut. Padahal banyak momen dimana mereka teriak-teriak, lari sana-sini tapi suara masih konsisten semua. Such a pro! Untuk urusan joget, somehow di konser ini mereka sepertinya gak terlalu peduli dengan koreo. Kadang mereka nurutin koreo, kadang mereka cuek aja bahkan gak nari sama sekali. Sepertinya malam itu, mereka jauh lebih mementingkan vocal. Seungri ketika sedang solo act, narinya keren. Makin kece anak kecil ini. Taeyang yang biasanya all out kalo nari, malam itu doi cuma setengah all out. Most of the time he just sang all out.

VIDEO
Pasti di setiap konser, BIGBANG punya tema besar untuk konsernya. Dan kali ini temanya adalah Mafia. Jadi video yang dibuat juga sesuai dengan tema. Videonya jadi ala-ala filmnya Quentin Tarantino dan Robert Rodriguez gitu lah. Dan somehow, terlihat cocok dengan BIGBANG. Akting masing-masing personil bagus semua terutama buat video presentation sebelum solo act masing-masing. Gue sih personally suka sama videonya TOP sama GD. Terlihat lebih intens.

BAHASA INGGRIS
Perlu diacungi jempol semua. Kali ini kemampuan ber-bahasa-inggris masing-masing member sudah jauh meningkat dibanding konser ALIVE yang lalu. Well, dulu gue nonton ALIVE di Indo dan banyak konversasi yang terjadi dalam bahasa Korea. Jadi sekarang setelah 3 tahun dan banyak bergaul sama orang diluar Korean dan juga venuenya adalah Amrik, jadi mereka harus ngomong bahasa Inggris - walaupun tetep mereka harus ngeliat contekan yang ditempel di speaker. Yang masih sedikit lemah bahasa Inggrisnya adalah siapa lagi kalo bukan si kakek, TOP. Di tengah jalan, dia tetibaan ngomong Korea. Well, mungkin dia berusaha menghargai orang Korea yang juga datang ke venue malam itu. Yang paling kebanyakan gaya pas ngomong, siapa lagi kalo bukan si maknae yang pecicilan dan gak bisa diem, Seungri. Sumpah, malem itu si lil Seung sok iye banget dah. Kalo kata temen gue, Seeta, itu namanya Seungrish sedang dalam mode on. Hahaha. Lucu banget deh si lil Seung. Omongannya udah aneh-aneh. Oh, dan gue kaget juga ternyata mereka mengucapkan kata-kata macam shit, fuckin and motherfuckin di panggung. Wow! BIGBANG sudah dewasa sekarang dan bebas ngucapin apa aja yang mereka mau. Hahahahahaha.

AUDIENS
Ini kedua kalinya gue nonton konser di Amrik. Yang pertama waktu kemarin EPIK HIGH bikin tur di Amrik juga. Tapi ini pertama kalinya gue nonton barengan USA VIP. Biasanya sekitar gue adalah orang Asia semua, sekarang rasanya lucu ngeliat keragaman orang-orang yang dateng. Mulai dari American, Hispanic, Asian, European semua campur aduk. Agak aneh juga sih ngeliat para bule-bule bawa-bawa lightstick trus dandan aneh-aneh trus teriak-teriak. Hahaha. Ternyata fans K-Pop gak dimanapun sama gilanya ya. Kalo dari pakaian, ada yang niat bikin aksesoris, ada juga yang heboh dandan macam mau ke Comic Con, ada yang santai pake kaos tour, banyak juga yang dandan seksoy-seksoy gitu. Macem-macem deh bentukannya. Tapi semuanya seru. Semuanya kompak sing along. Semuanya rame, jadi seru nontonnya. But still, somehow for me Asian audiences are more crazy. Woohoo! Go Asian!

SETLIST
Gue akan menjabarkan setlist di post selanjutnya aja ya, sekalian ngebahas pendapat gue tentang performance masing-masing.

Secara keseluruhan, konser ini jelas terasa berbeda dengan ALIVE tiga tahun lalu. Di konser ini, gue ngerasa semua member terlihat jauh lebih dewasa dan stage act di panggung juga jauh lebih professional. Mereka terlihat lebih bebas dan sangat menikmati konsernya. They give everything out dan membuat audiens juga menikmati konser dan ikut menggila bersama. Semua juga terlihat jelas ketika mereka harus solo act. Kalo dulu gue merasa ada beberapa member yang masih terkesan grogi ketika solo, kali ini semua member lepas dan bebas, jadi gak ada yang terlihat menonjol. Semua terlihat berada di level yang sama. Bagus. Great job, guys! *clap clap clap*

9 tahun barengan di industri musik, mereka terlihat makin kompak dan makin professional. Sedikit sedih kalo harus mengingat bahwa habis ini kemungkinan besar mereka akan terpisah dikarenakan harus military service. Oh no. Waktunya sudah semakin dekat, sodara-sodari. Hiks. Tapi MADE bener-bener bisa jadi hadiah "perpisahan" yang bagus buat VIP di seluruh dunia. I'm glad and happy to be a part of one of those VIPs who got a chance to see them live before they will be separated. BIGBANG jjang! VIP always!

Sebagai penutup post ini, video klip favorite gue dari BIGBANG jaman mereka muda dulu.

You Might Also Like

0 comments

Thank you for your attention! Regards!

Blog Archive