Disney's Indonesian Cultural Representative: WHAT YOU'LL GET

3:17:00 AM


Di beberapa post yang lalu, gue membeberkan apa yang perlu kalian keluarkan atau siapkan untuk mengikuti program CRP ini. Nah, kali ini gue mau membeberkan apa aja yang bisa kalian dapetin sepanjang mengikuti program. Let's go!

FRIENDS (WHO EVENTUALLY BECOME FAMILY)
Namanya juga punya kehidupan baru jadi pasti banyak orang-orang baru yang lo temuin di program ini yang akhirnya lo kenal dan menjadi teman. Ada beberapa orang yang memang cuma berakhir sebagai teman, ada juga yang berakhir sebagi keluarga. Apalagi para Asian Culture Rep, we're pretty much a little family here. We always hang out together and we always help each other whenever we have problem. Mungkin karena memang kita semua merasa senasib sepenanggungan, alhasil kita semua jadi deket banget. Para CM lain juga menyenangkan. Mulai dari yang udah senior sampe anak baru yang baru masuk kemaren. Gue jamin lo pasti bakalan punya banyak teman, banyak kenalan di sini. Udah gitu temennya dateng dari berbagai penjuru dunia pula. Keceh.

MORE KNOWLEDGE
Lo gak bisa jadi orang ignorant di sini. Kalo tadinya lo adalah tipe orang macam katak dalam tempurung, di sini gue jamin lo akan berubah 180 derajat. Lo akan belajar banyak hal, banyak budaya, banyak bahasa. Wawasan lo gak akan lagi terbatas. Lo belajar tiap hari. Pasti ada aja yang hal baru yang bisa lo pelajari atau paling tidak membuat lo berkata, "Ahh...I see." atau "Wow, I didn't know that before." 

Gak cuma para CM yang bisa membuat pengetahuan lo bertambah, tapi obrolan lo dengan para tamu yang lo temuin di sana bisa membuka pikiran lo terhadap hal-hal baru. Seriusan, lo bakalan tambah pinter.

RASA BANGGA TERHADAP INDONESIA
Emang biasa banget ye ketika lo berada di negeri orang, rasa nasionalisme seakan jauh lebih banyak dibanding ketika lo masih di Indo. Apalagi pekerjaan lo sebagai Culture Rep. Lo akan merasakan saat dimana lo akan dengan lantang bilang, "Yes, I'm Indonesian and I'm proud." 

Nah, pekerjaan ini juga menuntut lo untuk tau banyak soal Indonesia. Gak bisa dipungkiri sebagai seorang warga negara Indonesia pun kadang kita gak tau apa-apa soal negara kita sendiri. Di sini lo akhirnya mulai belajar lagi tentang negara lo sendiri. Nambah lagi deh ilmunya.

TINGKAT KESABARAN YANG MAKIN TINGGI
Sebagai CM, lo harus membuat para tamu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan ketika mereka sedang bermain di park. Kita harus selalu siap membuat magic for everyone. Tapi namanya juga kerja di dunia service, gak semua tamu yang lo dapet adalah tamu yang menyenangkan. Banyak banget tamu yang bisa membuat elo banyak ngelus dada - bahkan gak sempet elus dada, cuma bisa hela napas doang. Tapi elo harus tetep senyum, tetep berbicara dengan nada yang normal, tetep fokus seakan gak terjadi apa-apa.

KEMAMPUAN BOHONG/FAKE YANG MAKIN MAHIR
Yes. Percaya atau tidak, ini benar. Hahaha. Gak cuma berhubungan dengan tamu-tamu yang ngeselin aja, tapi juga berhubungan dengan para anak kecil yang tingkat fantasinya suka melebihi kemampuan. Lo harus pinter-pinter mengarang cerita demi menjawab pertanyaan-pertanyaan yang suka datang terus-menerus dan suka ajaib. Ya namanya juga anak kecil, sering banget suka gak brenti nanya. Walopun udah dikasih jawaban pun suka masih belom puas. Jawaban yang lo kasih mungkin ada benernya, tapi gak jarang juga lo harus berbohong - demi ketentraman nusa dan bangsa. Haha

AKSES MAIN DI PARK YANG GAK TERBATAS
Ini dia nih yang paling mantep surantep. Lo bisa main di semua park di Walt Disney World sepuasnya dan GRATIS pula. Jadi nanti lo bakalan dapet tiket masuk berbentuk kartu yang khusus buat elo. Ada nama lo di-print di belakang kartunya. 

Kartu ini baru bisa lo dapetin sekitar 2 mingguan (paling lama) dan bakal langsung dikirim ke apartemen lo. Kartu yang lo dapetin ada empat -- satu kartu khusus buat elo, tiga kartu khusus untuk tamu lo. Jadi elo bisa masukin tiga orang secara gratis juga. Yes. Kalo ada anggota keluarga atau temen lo yang mau dateng ngunjungin lo, gunain aja si kartu tamu. 

Oh iya, kartunya gak cuma bisa dipake di Walt Disney World doang. Kalo kalian main ke Disneyland California, atau mungkin sempet ke Paris dan Hong Kong juga, pake aja kartunya buat masuk gratis. Asik kan jadi Cast Member!? Puas banget main di park.

DISKON DI BANYAK MERCHANT
Yes. Manfaatkan lah sebaik-baiknya kesempatan untuk mendapatkan diskon yang kadang gila-gilaan hanya karena status lo sebagai CM. Gue bisa beli kamera yang aslinya seharga $900 hanya dengan bayar $400an. Cara nyari diskonnya adalah either melalui buku kupon atau cek di website khusus CM. Di situ suka ada penawaran-penawaran khusus untuk CM. Rajin-rajinlah ngecek.

KESEMPATAN TRAVELLING
Kalo lo pinter-pinter ngatur jadwal, lo bakalan bisa banget yang namanya jalan-jalan keliling US atau bahkan keluar US. Ke Amerika Selatan misalnya atau ke Karibia atau Kanada. Tipsnya biar bisa dapet waktu libur yang panjang adalah lo harus baik-baikin temen kerja lo biar lo bisa tukeran libur. Hahaha. Kadang agak susah kalo lo gak akrab sama rekan kerja lo tapi lo butuh tukeran libur. Alhasil jadwal traveling lo jadi berantakan deh (ini kejadian hampir tiap taun. Ada aja yang komplen. Hehe).

CV/RESUMA YANG MAKIN KECE
Jelas banget. Lo kerja di perusahaan yang namanya udah mendunia, gak ada yang ngalahin. Pastinya bakalan bagus banget buat resume lo nantinya.

DUIT DOLLAR YANG BANYAK
Well, ini tergantung pribadi masing-masing sih apakah kalian pinter ngatur duit atau gak. Tapi beneran deh, kalo kalian pintar menahan godaan belanja dan makan di luar dan traveling terus, pasti kalian bisa nabung dan nanti pas balik ke Indo bisa tajir. Apalagi sekarang harga tuker Dollar ke Rupiah lagi melambung banget. Lumayan kan?

MEMORI YANG TAK TERLUPAKAN
Gak peduli berapa tahun sudah berlalu dari masa kerja lo di Disney, gue yakin lo pasti akan terus inget sama semua pengalaman di sini. So memorable. 

***

Apa lagi ya yang bakalan bisa lo dapetin? Calon partner hidup mungkin. Hahaha. Etapi bener. Banyak banget kejadian dimana banyak yang pacaran bahkan sampe married gegara ikutan program ini. Entah kenalan dengan sesama Cast Member atau mungkin kenalan sama guest yang dateng atau mungkin kenalan di Tinder. Hahaha.

Anyhoo...program ini beneran bisa ngasih lo banyak hal. No matter how hard and maybe boring the job is, at the end of the day you will still feel grateful for everything. Seriously. It'll be the best year of your life. Guaranteed.

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive