Disney's Indonesian Cultural Representative: WORK - WHAT MAKES YOU HATE IT

3:48:00 AM


Well, yang namanya kerjaan pasti aja ada gak enaknya. Jadi di part ini gue akan membahas beberapa hal yang kadang bisa bikin lo gemes dan pengen garuk-garuk tanah aja rasanya. Kenapa gue nulis tentang ini? Bukannya gue mau ngejelek-jelekin kerjaan tapi gue pengen supaya kalian yang daftar pekerjaan ini bisa punya bayangan soal apa aja tantangan yang bakal dihadapi selama bekerja biar nanti gak kebanyakan komplen. Agak risih juga sih dengerin rekan kerja yang tiap hari kerjaannya komplen mulu karena ternyata kerjaannya dan situasi lingkungan kerjanya gak sesuai apa yang sudah dibayangkan. 

So, let's start.

Kerja shift plus extra hours
Seperti layaknya kerja di dunia service lainnya, jelas kerjanya akan dibagi ke dalam tiga shift -- Opening, Middle, dan Closing. Untuk kalian para pendatang baru aka junior, siap-siap aja kalian akan kebagian closing shift terus selama beberapa bulan. Sistem pembagiannya  adalah berdasarkan senioritas, jadi biasanya anak baru kebagian jatah sisaan aja. Biasanya senior seringnya milih opening sama middle shift karena mereka bisa istirahat pas sore dan malem.

Extra hour atau extend shift biasanya juga akan ditawarkan ke senior terlebih dahulu karena ini kan kesempatan buat menambah duit, jadi mereka dikasih pilihan duluan. Biasanya sih karena mereka udah pada ngambil shift pagi atau middle, mereka pengennya cepet pulang, jadinya yang kebagian shift closing yang sering disuruh extend biar sekalian tutup station. Extend biasanya sekitar 1-2 jam gitu sih. Jarang lebih dari itu kecuali kalo ada emergency atau kasus spesial.

Jangan kaget juga ketika kalian tiba-tiba ditelfon, diminta untuk kerja padahal lagi jatah kalian untuk libur.

Kaki pegel-pegel dan betis jadi berotot
Berhubung kerjanya outdoor, gak ada tuh yang namanya meja sama kursi di station. Otomatis kerjanya berdiri terus, selama 8 jam pula, wajar aja kalo kaki pada sakit semua. Biasanya sih ini dialami ketika lo baru awal-awal kerja. Namanya juga belum biasa jadi kudu adaptasi dulu. Gak cuma banyak berdiri tapi lo juga bakalan banyak jalan, dari ujung ke ujung. BTW, Animal Kingdom itu gede banget lho. Betis bekonde itu biasa. Pokoknya di kerjaan ini lo bakalan banyak berdiri, jalan sama jalan cepet (karena di park gak boleh lelarian). Jadi siap-siap aja ya.

Mulut pegel dan berbusa, sampe udah males ngomong lagi
Sebagai pusat turis, jelas kalian akan menemukan banyak tamu berkeliaran di park. Dan sebagai orang yang kerjaannya adalah menjelaskan kebudayaan negara sendiri, jelas kalian udah dipastikan akan banyak ngoceh. Jadi siap-siap aja tu mulut gak brenti-brenti ngomong. Akan ada saking rame parknya, saking seringnya lo ngoceh, begitu waktunya break, lo udah males ngomong ke CM lain. Lo cuma pengen istirahat.

Bosen, bengong, gak tau mesti ngapain
Akan adanya juga park itu tergolong sepi compare to any other days. I know it sounds like impossible to happen but it happens apalagi kalo udah waktunya kembali ke sekolah. Biasanya park akan sedikit lebih sepi. Nah pada saat itu terjadi, ada kemungkinan kalian cuma akan berdiri di station tanpa banyak bicara. Itu bisa bikin lo bosen karena cuma berdiri gak jelas di station. Ketika lo lagi on stage gitu kan gak mungkin lo ngoceh sendiri atau pecicilan sendiri. Aneh banget dilihatnya.

Kalo gue pribadi sih lebih baik mulut capek karena ngomong terus daripada harus onstage tapi cuma harus berdiri dan bengong gak jelas.

Telat di-bump rekan kerja
Ini rasanya antara gak enak dan H2C alias harap-harap cemas. Apalagi kalo udah kebelet pipis. Ketika lo melihat rekan kerja lo sedang berjalan di kejauhan untuk nge-bump elo itu rasanya seperti melihat seorang malaikat penyelamat.

Rekan kerja yang gak deket dan nyambung sama elo
Ini sih bisa terjadi dimana aja sebenernya. Gak peduli apa judul kerjaannya, kalo punya rekan kerja yang rada-rada gimanaaa git, itu rasanya emang bikin geregetan pengen nabok orang. Cuma disini lebih berasa aja, karena dalam satu station biasanya elo pasti barengan sama orang lain - bisa dari negara yang sama atau dari negara lain. Ini nih kasus yang paling sering terjadi. Sering banget banyak yang berantem gak jelas gara-gara gak pada deket.

Tamu yang melempar pertanyaan di udara
Tamu yang begini kadang pengen gue toyor kepalanya. Hehe. Ini salah satu jenis tamu yang gue pribadi gak gitu suka.  Melempar pertanyaan di udara itu adalah ketika tamu tidak bertanya secara direct ke elo tapi bertanya ke udara. Like, literally. Mereka tau ada kita di dekatnya, tapi instead of asking us directly, mereka lebih milih untuk buang-buang pertanyaan begitu saja di udara. 

Kenapa bikin gemes? Karena ketika kita tidak menjawab pertanyaan itu, mereka ngambek. Haiyaaa. Percayalah, akan ada saatnya elo merasa bahwa tamu-tamu itu harus belajar cara bertanya yang baik dan benar supaya bisa dibantu dengan baik dan benar juga.

Tamu rasis dan ignorant
Jangan sedih, shay. Yang begini juga banyak lho. Dari mulai yang straight up rasis alias tiba-tiba dateng ke depan muka lo cuma buat ngatain elo, atau yang subtle alias awalnya ngajak ngobrol baik-baik tapi buntutnya ngejelek-jelekin elo dan negara lo. Gak cuma rasis, banyak dari tamu yang datang itu ignorant. Ignorant dalam artian mereka gak tau apa-apa tentang Asia dan buntutnya merasa negara mereka lebih kece. 

Jangan kaget kalo nanti ada yang nanya "Can you teach us how to speak Asian?" Tapi setelah beberapa bulan, kalian kayaknya bakal bisa bedain yang mana yang emang polos dan gak tau apa-apa dan yang ignorant karena pilihan.

Jagain station tapi mata harus terus awas dengan kelakuan tamu
Sebagai CM yang baik, keamanan tiap tamu tetep jadi tanggung jawab kita juga. Kita harus memastikan bahwa setiap tamu pulang dalam keadaan baik-baik saja. Ini artinya kita harus sering memperhatikan gerak-gerik tamu terutama yang suka gak ngerti soal peraturan yang ada. Mulai dari yang doyannya manjat-majat atau lari-lari atau suka pada iseng nyelonong masuk ke restricted area. Apalagi jaman sekarang kan banyak yang kelakuannya suka berdasarkan "demi konten".

Disaat yang sama lo tetep harus melakasanakan tugas lo juga sebagai CRP di station dan harus fokus juga sama tamu yang dateng ke station kalian. Mata dan perhatian kalian seperti harus selalu terbagi ke segala arah. Buat kalian yang kesulitan untuk multitasking, bisa jadi ini jadi suatu yang bikin kalian pusing. 

Belum lagi kalo tiba-tiba ada tamu yang beneran ketimpa situasi emergency sampe ambulance atau polisi harus dilibatkan. Itu bisa bikin kalian ikutan panik juga dan bingung apa yang harus dilakukan. Yah siapkan hati kalian aja deh untuk menghadapi kejadian-kejadian yang suka tidak terduga.

Tamu yang suka lupa bilang makasih
Kadang kata sesimpel "Terima kasih" itu bisa membantu boost the mood up. Dan kebanyakan tamu lupa tentang itu. Akan ada saatnya ketika setelah tamu itu bertanya, dia main nyelonong pergi gitu aja dan elo sendiri yang akan mengucapkan makasih untuk diri lo sendiri.

Udara dan cuaca Florida (khusunya Orlando) yang gila
Buat kalian yang gak tau, Florida itu punya julukan khusus yaitu The Sunshine State karena terkenal dengan pantai dan mataharinya yang panas. Udaranya di hari normal itu mirip kayak Jakarta di kala jam 12 siang cuma gak terlalu lembab, jadi sedikit lebih kering. 

Jadi jelas kalian akan menghadapi sinar matahari yang sama sekali gak santai. Kulit kering dan gosong itu udah jadi makanan sehari-hari. Terutama di musim panas, tingkat panasnya akan jauh lebih tinggi dibanding biasanya. Dehidrasi dan pingsan pas lagi kerja juga bukan hal aneh. Berasa kayak daging lagi dipanggang di atas api.

Another weird thing  adalah ketika winter. Akhir-akhir ini, winter di Florida bisa turun sampe dibawah nol derajat Celcius, jadi jelas akan dingin walopun gak sedingin dibanding negara-negara bagian lainnya. Belum lagi angin, dan hujan yang datangnya suka gak pake permisi. Kalian harus ngalamin sih ujan dikala winter. Ya ampuuun...itu rasanya maknyus sampe ke tulang. Jadi siap-siap aja fisik kalian ditempa selama setahun.

Bingung mau makan siang apa
Ini terdengar sepele tapi buat kalian yang gak doyan masak, kadang makan siang bisa jadi masalah. Kalian bisa menghabiskan sekian menit hanya untuk menentukan mau makan di mana. Kantin karyawan lokasinya ada di belahan dunia lain dari break room jadi kudu jalan 15-20 menitan ke sana. Kalo mau beli makan siang di park, harganya kadang gak masuk akal. Vending machine di break room  karyawan isinya itu lagi itu lagi. Kadang suka jadi dilema mau makan apa.

Awalnya semangat 45, setelah beberapa bulan mulai meredup
Nah ini nih...nyata banget ini. Hahahahaha. Kayaknya sih di semua kerjaan juga gitu sih. Lucu banget ngeliat anak-anak baru yang pada semangat kerja pas awal masuk, tapi begitu masuk bulan ke-4 mulai deh keliatan udah mulai ogah-ogahan. Hahahaha. Ngomong dan ngejelasinnya udah mulai pendek-pendek dan mulai buru-buru pengen cepet selesai kerja. Hihihihihi. Tapi ya itu semua tergantung pribadi masing-masing. Ada juga kok yang tetep semangat 45 sampe program berakhir.

***

Diluar kerjaan, problem/tantangan juga terjadi di sekitar apartemen dan kadang moodnya bisa mempengaruhi kerjaan juga. Hubungan yang gak baik dengan roommate, bus karyawan yang suka telat bahkan rusak di tengah jalan dan masih banyak lagi.

Ya sekali lagi yang namanya kerjaan pasti ada enaknya ada enggaknya. Pada akhirnya semua tergantung gimana kita menghadapi gak enaknya kerjaan dengan cara masing-masing. Apakah mau menghadapinya dengan mood yang awut-awutan terus atau mau menghadapinya dengan santai dan selaw aja. 

So, have fun working!

Ps: entah kenapa semua ex-CRP rata-rata setuju bahwa gak peduli seberapa sering kita suka komplen, pasti ada aja yang bisa membuat kita bertahan selama setahun bekerja. Dan hal-hal yang membuat kita bertahan itulah yang bikin memori kita selama di Disney itu indah. Deuilaaaahhh....

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive