Disney's Indonesian Cultural Representative: MONEY - WHERE TO SPEND IT

2:22:00 PM


Heyho! 

Udah lama gak update soal CRP nih. Oh iya, sekali lagi gue mau bilang makasih banget buat yang udah nyempetin waktunya buat baca blog gue tentang CRP ini. Semoga emang bener-bener bisa bermanfaat dan membantu kalian ya.

Bahas apa lagi ya di post kali ini? Hmmm...

Gimana kalo bahas soal uang? I mean about what and where you should spend your money during the program. Agak aneh sih emang kalo gue ngasih ide tentang how you should spend your money karena itu kan urusan masing-masing individu ye. But hey, I'm here just to give you an insight of what I've experienced there. No need to follow my idea though. Hehe.

Okay. Enough talking. Here I go.

SEPATU KERJA
Okay, seperti yang kalian tahu bahwa pekerjaan CRP ini adalah di dunia service dan kerjanya di theme park bukan di kantor. Karena itu, there will be no desk and chair in front of you, you'll be standing for a set period of time (around 7-8 hours per day), basically it's not a physically comfortable work for you. And that's why I think it is kinda important for you to invest on a good and most importantly COMFORTABLE pair of working shoes. 

In my case, gue punya dua jenis sepatu kerja:
  • Sepatu hitam ujung tertutup dengan sol yang nyaman dan tebal. Kemaren secara khusus gue beli sepatu yang biasa dipakai orang-orang yang kerja di dapur. It's durable and comfortable for a long period of time of standing. Ini adalah sepatu yang gue pakai sehari-hari. Sepatu jenis ini juga sangat membantu ketika lagi musim dingin karena bentuknya yang tertutup.

  • Sepatu sendal Crocs dengan model yang paling standar. Namanya juga Crocs ya jadi pasti modelnya terbuka alias ada sirkulasi udaranya dan bahannya karet. Nah kalo ini berguna banget ketika hujan atau summer. FYI, cuaca di Orlando itu cukup membingungkan karena bisa tiba-tiba hujan (bahkan hujan angin dan petir) begitu saja tanpa peringatan. It'd be a worse feeling to have your regular shoes soaked so I think it's better to have another option for rainy stormy day.
If you guys are wondering, not everyone used the same shoes as me. Beberapa temen gue banyak yang pake sepatu olahraga/sneakers biasa atau Crocs all year long gak peduli gimanapun cuacanya. So, it's a personal choice. Yang paling penting itu adalah sepatu yang bisa bikin lo nyaman untuk berdiri lama. Oh, apapun sepatunya, warnyanya sebaiknya warna hitam ya, sesuai dengan peraturan yang Disney kasih.

Another suggestion, untuk urusan kaos kaki warnanya bisa hitam atau putih, tapi saran gue sih better hitam aja. Trus kalo niat, bisa beli dua jenis, tebal dan tipis, untuk dipakai di musim yang berbeda.

MONTHLY GROCERIES
I think this is like a necessity, ya gak sih? Hehehe. Apalagi buat kalian yang doyan masak.

Pilihan tempat belanja bulanan di Amerika itu ada beberapa. Yang pertama Walmart. Kalo di Indo, ini tuh ibarat Hypermart dimana harganya jauh lebih terjangkau, cocok banget untuk kantong kita. Another choice is Publix. Ini mirip kayak Ranch Market atau sejenisnya. Produknya sedikit lebih high end dan cenderung healthy/organic yang menyebabkan harganya sedikit lebih mahal.

Again, it's your own choice to choose the one that suits your wallet. Kalo gue pribadi gue suka pergi ke Publix karena bakery and ice cream sectionnya mereka itu the best sih menurut gue. Tapi gue pergi kesananya once in a while. Jauh lebih sering belanja di Walmart.

Ada pilihan-pilhan lainnya kayak Walgreens, CVS atau 7-eleven - you know, ibarat Alfamart dan Indomaret gitu lah. Cocok buat kalo lagi butuh yang cepet-cepet.

JAJAN MAKANAN
Siapa sih yang gak suka jajan? Pasti semua orang suka, apalagi kalo udah urusan makanan. Ayo, ngacung! Gue sih udah pasti ngacung. Gaji gue mostly abis karena gue kebanyakan jajan di luar. Yep. Sometimes I’m just way too lazy to cook, so best option is eating out.

Jelas bakalan ada banyaaak pilihan di seputaran Orlando buat kalian datengin. I will list the ones that I've tried and I think is worth the try.
  • Longhorn Steakhouse – Oh. Em. Gee. You have to try this at least once during your program. Lokasinya sih mungkin dari komplek housing yang baru agak sedikit jauh. Tapi jaman dulu waktu housing complexnya masih di daerah yang lama, gue dan temen-temen cukup sering makan di sana terutama kalo lagi ada hari spesial. Dulu lokasinya cuma 15 menit jalan kaki dari The Commons complex makanya bisa cukup sering makan di sana. Price rangenya middle, gak terlalu mahal. Rasanya enak dan suasana restonya juga nyaman.
  • Chick-Fil-A – Our fave burger chain who specialize in chicken burger/sandwhich. Ini beneran udah kayak a must-go place buat para CM. Tiap hari pasti ada aja CM yang makan disitu. Udah berasa kayak di break room, isinya CM semua. Haha. Yang bikin sebel adalah ketika lo lagi ngidam banget dan kebetulan hari itu adalah hari Minggu. Wah itu rasanya nyesek, man. Kenapa? Karena tiap hari Minggu mereka tutup. You’ll know how it feels. Hehe. I dunno if there is a nearest chain near the newest housing complex but since it's a chain, you could probably find it around.
  • Subway – Sepertinya udah pada tau lah ya chain resto yang ini. Gue pribadi dulu jauh lebih sering beli dari Subway yang ada di kantin karyawan dibanding yang di luaran. Gue seringnya beli foot-long sandwich. Ukurannya gede jadi bisa dibagi dua -- satu buat lunch, sisanya bisa buat dinner.
  • Buffalo Wild Wings – Doyan chicken wings? I think this is the best for CM like us. Pilihan rasanya banyak dan yang paling penting affordable. They have some promo every certain days, so it’s definitely cheap. The only problem is you have to take the trolley (local bus) to get to the nearest resto. Biasanya gue dan temen-temen udah janjian dari sebelum pulang kerja buat rame-rame makan disini.
  • Applebee’s – Restonya menawarkan standar menu di grill & bar (burger, steak, pasta, etc). Rasanya oke, cuma buat gue pribadi harganya yang agak gak oke, jadi gue pribadi agak jarang makan disini. Tapi temen-temen gue banyak juga yang doyan makan disitu. Gue sih kalo duit lagi banyak aja. Hehe.
  • Thai Tani Thai Restaurant -- Oh my...ketika lo kangen makanan Indonesia, I think this resto is the best option for you. Harganya memang agak mahal tapi rasanya manteb banget. You know, there will be time when you want a flavorful food yang kental dan penuh rempah. So yeah...try this one. 
  • CM’s cafeteria – aka kantin karyawan. Ini udah pilihan paling the best di park pas hari kerja. Di cafeteria yang disediain di park, mereka punya chef sendiri dan pilihan makanan yang beragam dan ganti-ganti tiap harinya jadinya gak bosen. Harga terjangkau (kita jelas bakal dapet diskon), rasanya juga enak karena yang masak anak-anak kulinarinya Disney. Males masak? Tinggal ke cafeteria aja.
  • Restaurants/food stalls available throughout the parks and hotels – Ini menurut gue penting juga karena banyak banget resto yang lokasinya ada di dalam masing-masing park dan hotel yang kudu dicobain. Sebagai CM, pastinya kita bakalan dapet diskon kalo makan disitu. Yang kudu wajib dicobain adalah Tusker House, Be Our Guest, 50’s Prime Time Cafe, Beaches & Cream, Biergarten, Cinderella’s Royal Table...and many more.
    Mickey waffle for breakfast? Yes, please
Again, there will be a lot of other places around Orlando that I haven't mentioned. If you want, you can use Uber to go around or maybe Door Dash and something similar to that for a delivery.

FASHION & MAKE-UP
Buat kalian yang doyan belanja baju dan perlengkapan fashion lainnya, ada beberapa pilihan tempat buat belanja.
  • Disney Springs -- Dulunya dikenal dengan nama Downtown Disney. Ini adalah pusat entertainmentnya Disney diluar theme park. Mulai dari urusan perut, urusan hiburan, urusan nonton, baju, mainan, semua ada di sana. Mulai dari produkk Disney sendiri sampe produk dari brand-brand ternama.
Photo courtesy of Disney Springs
  • Orlando Premium Outlet -- Gak jauh beda dari Disney Springs, semua juga ada di sini. Tapi di sini merek-merek yang jauh lebih mendunia dan lebih high end tersedia. Dulu lokasinya deket banget sama housing complex jadi bisa pergi tiap hari ke sana. Mungkin sekarang kalian harus menemukan cara supaya bisa ke sana.
  • Florida Mall -- Namanya juga mall lah ya. Udah jelas isinya apaan. Gak jauh beda seperti layaknya mall-mall di manapu. Dulu ada jadwal bus CM yang nganterin kita ke sana. Coba cek jadwal bus yang kalian dapetin apakah ada atau tidak. Manfaatkanlah fasilitas bus gratis kalo memang ada.
  • Target - Kalo di Indo ibarat Matahari atau sejenisnya lah (gak sampe kayak Ramayana sih 😁). Barangnya lucu-lucu dan harganya lumayan terjangkau. Hati-hati aja sih kalo belanja di sini. Kemungkinan bisa kalap itu besar. Hehehe.
  • Cast Connection & Property Control - Ini sih menurut gue kudu wajib didatengin. Tempat dimana kalian bisa dapet diskon gede-gedean dari produk Disney yang dijual di park. Biasanya produk yang dijual di sini adalah produk-produk yang berlebih atau produk season sebelumnya  dan belom kejual di park, atau barang-barang second yang masih oke.
TOYS & MERCHANDISE
Kalo kalian sama seperti gue, doyan beli mainan buat koleksi, bersiaplah untuk menguras kantong kalian. Bersiaplah mata kalian gak akan berhenti terbelalak ngeliat betapa lucunya merchandise yang ada di Disney. Bersiaplah dengan kemungkinan ketika pulang ke Indonesia setahun kemudian, koper kalian akan penuh dengan pernak-pernik Disney. Mulai dari pensil sampe peralatan dapur semuanya lucu-lucu banget. Gak kuaaat.

Tapi gak perlu khawatir. Udah sering gue bilang kalo CM bakalan dapet banyak diskonan sana-sini, termasuk kalo beli mainan di sana. Diskonnya bisa sampe 40%. Lumayan banget kan. Diskon ini cuma bisa didapetin ketika lo belanjanya di Disney property ya tapinya - either theme park, hotel, Cast Connection, Disney Springs atau Disney Character Warehouse.


STAYCATION di DISNEY PROPERTY
Bayangin elo pergi kerja berangkatnya dari Disney hotel. Beuh, gaya banget gak sih? Hahaha. Gue sih menyarankan lo sesekali nyobain nginep di salah satu dari sekian banyak hotel yang Disney punya. Again, diskon tersedia. Dan harganya pun beragam jadi bisa disesuaikan sama kantong.

DISNEY'S BACKSTAGE TOUR
Disney menyediakan banyak pilihan backstage tour untuk para tamu yang pengen melihat gimana behind the scene-nya Disney. Cast Member juga bisa ikutan. Bayar, tapi dapet diskon. Gue waktu itu ikutan Wild Africa Trek dan gak nyesel sama sekali. Sayang gue gak punya waktu buat ngelakuin tour yang lain. Hiks.  
Iya, mereka buaya beneran, bukan robot.

CRUISE TRIP & TRAVELLING
Guys, mumpung kalian lagi di Amerika, manfaatkanlah waktu kalian di sana untuk jalan-jalan keliling Amerika atau mungkin ikutan cruise ke Bahama. Mungkin gak usah jauh-jauh dulu. Main-main aja ke kota sebelah seputaran Florida macam Tampa, Miami, atau St. Augustine. kalo waktu dan finansialnya memungkinkan barulah rencanain ke states yang lain. Yang paling sering dikunjungin turis sih udah pasti NYC atau LA. Isinya turis semua itu mah. Coba main-main juga ke New Orleans atau Oregon atau Chicago mungkin.

Yah silahkan aja direncanakan dengan baik kalo memang ada niat jalan-jalan, yang  penting kalian koordinasi dengan baik aja ke sesama CRP yang lain dan manager supaya bisa atur jadwal.

Santai dulu, ah

ANNUAL PASS THEME PARK
Kalian pecinta theme park seperti gue? Kalo gitu gue saranin lo beli annual pass-nya theme park lain yang ada di seputaran Disney biar bisa bolak-balik main sepuasnya ke sana. Harganya memang akan mahal, tapi akan jauh lebih mahal lagi kalo kalian harus menghabiskan uang setiap kali kalian berkunjung ke sana. Mending ngabisin uang lumayan banyak di depan tapi tiketnya berlaku buat setahun daripada bayar tiket tiap kali dateng.

Yang paling utama sih menurut gue adalah Universal Studios Orlando. Buat kalian yang bosen sama Disney dan pengen something more thrilling, buat kalian pecinta Jurassic Park dan Harry Potter, park ini pas banget buat dikunjungi. Jaraknya juga gak jauh dari Disney jadi mudah dijangkau.

Another one that is close to Disney is SeaWorld Orlando, Discovery Cove sama Fun Spot America. SeaWorld dan Discovery Cove cocok buat kalian yang suka sama binatang -- etapi jangan dibandingin sama SeaWorld di Indo ye. Beda konsepnya. Kalo Fun Spot itu mirip Dufan kali ya.

Kalo yang agak jauh dari Disney tapi masih worthy buat dikunjungi yaitu Busch Gardens Tampa, Legoland Florida sama Kennedy Space Center.

Please, gue mohon kalian kunjungin Busch Gardens at least once. Gak bakal nyesel main di sana. Walopun perginya harus naik bus dulu tapi serius worthy banget. Oiya kalo gak salah kita bisa dapet diskon juga beli tiket masuknya. Kalian harus ngecek website khusus CM, di situ biasanya ada link-link diskonan yang bisa dipake buat belanja di merchant-merchant selain Disney juga.

Buat kalian pecinta Lego, silahkan kunjungi Legoland. Walopun menurut gue target marketnya gak jauh beda sama Disney - diutamakan anak kecil - tapi tetep seru kok main kesana. Nah kalo kalian suka dan penasaran sama NASA, silahkan ke Kennedy Space Center. Bakalan banyak dapet ilmu.

ALCOHOL
Kalian doyan minum? Suntuk sama kerjaan? Silahkan, monggo dibeli alkoholnya. Gak akan ada yang ngelarang as long as kalian udah usia legal. Gue pribadi sih gak doyan jadi jarang banget beli. Sesekali aja kalo beneran lagi suntuk.

Beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi kalo lagi pengen minum alkohol antara lain:
  • Disney Park -- di beberapa park tersedia minuman beralkohol yang bisa dibeli. Park yang paling banyak menawarkannya adalah EPCOT. Di sini terkenal banget istilah "drinking around the world" jadi kalian bisa menikmati banyak pilihan alkohol dari berbagai belahan dunia. Di EPCOT juga banyak festival kuliner. Silahkan dikunjungi kalo berminat.
  • Hous of Blues -- lokasinya ada di Disney Springs. Dulu sih CM masuk situ gratis, tinggal nunjukin blue ID card aja. Kadang ada acara khusus CM juga di sana. Cobalah dicek sekarang ketentuannya gimana kalo mau masuk ke bar itu.
  • Happy Mondays -- ini adalah semacam secret party khusus CM (dari CM, untuk CM) bahkan sampe lokasinya pun rahasia. Udah semacam tradisi sih ini tuh. Tapi entah ya sekarang masih dijalanin atau gak setelah pandemi. Udah gitu kan ini bukan evenr resminya Disney jadi ya gitu deh. Rajin-rajin colek CM lain aja terutama yang kerja di EPCOT. Gak semua orang tahu soalnya.
  • Convenient store/Liquor store -- buat yang pengen santai di rumah aja, minum-minum bareng roommate, beli alkoholnya bisa di toserba terdekat aja atau di Walmart/Publix. Ada juga toko yang hanya menjual liquor. Pilihan minumannya banyak, mulai dari brand ecek-ecek sampe yang mahal. Silahkan dipilih aja.  
Oh iya, PENTING! PASTIKAN KALIAN DIATAS 21 TAHUN YA. Di bawah itu jangan harap bakalan bisa beli. Di Amerika gak kayak di Indo yang sedikit lebih luwes dalam urusan beli alkohol. Kalo di Amerika tuh strict banget. Mereka udah pasti akan ngecek ID kalian tiap kali kalian beli alkohol, gak peduli dimanapun tempatnya. Apalagi muka-muka Asia macam kita yang di mata orang Amrik bakalan keliatan jauh lebih muda dari usia asli,. Jadi kalo kalian mau beli, pastikan ID ada di tangan ya. ID yang dimaksud adalah passport. SIM antara bisa dan gak bisa. Mungkin karena gaka ada bahasa Inggrisnya kali ya jadi kadang penjualnya suka gak nerima. Gue pernah soalnya mau masuk bar pas Halloween tapi lupa bawa pasport. Di dompet adanya cuma SIM doang. Penjaganya beneran ngeliatin muka gue berkali-kali, walopun di SIM  ada TTL lengkap, sampe akhirnya gue diijinin masuk.

Another PENTING juga, pastikan pasport itu jangan sampe ketinggalan atau hilang ya. Itu nyawa kalian selama di negeri orang. Tanpa itu, you're pretty much done. Jadi pastikan kalo tiap abis beli alkohol, paspornya udah balik ke tangan kalian lagi dengan aman.

LOCAL ID CARD
Berhubung lagi bahas ID card, jadi dimasukin aja deh di list. This is totally optional karena basically you already had your passport as a legit ID to show. Tapi sekali lagi, it can be a bit risky bawa-bawa passport kemanapun lo pergi (terutama buat kalian yang kebiasaan naro barang sembarangan – kayak gue). 

Oke. Buat kalian yang males bawa-bawa passport atau mungkin belom punya SIM, alternatifnya adalah membuat ID lokal. Yes, kalian bisa membuat ID lokal aka Florida residency ID card di Department of Motor Vehicle (DMV) terdekat. Di ID card itu ada nama, alamat, DOB, tanggal dibuat dan tanggal expired. Jadi gak masalah buat kita yang programnya cuma setaun tetep bisa punya kartunya karena masa expirenya bisa dibuat sesuai dengan tanggal kapan kita harus keluar dari USA - sesuai dengan yang tertera di visa.

Untuk cara lebih lengkapnya mungkin bisa dicek disini https://www.dmv.com/fl/florida/apply-id-card

***

Hmmm...apa lagi ya yang perlu dimasukin ke list? Sementara baru itu yang kepikiran. Once again, semua sifatnya optional ya (kecuali groceries kayaknya). Monggo kalo mau ikutan ngeluarin uang untuk hal yang sama dengan apa yang gue lakukan. Kalo gak pun, no problemo. Lah duitnya duit situ pan. Hehe.

Pesen gue sih cuma satu, be wise on what you will spend. Jangan lupa nabung juga supaya pulang bisa bawa dollar yang banyak.

Ta-ta for now!

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive