Disney's Indonesian Cultural Representative: FAQ

12:36:00 PM


Halo halo semua.


Udah lama banget gak update blog. Kali ini tetibaan pengen aja gitu update. Yuk lah.

Beberapa tahun terakhir ini ada aja yang ngeDM di IG gue soal Disney CRP dan jujur aja itu ngebuat gue seneng karena itu artinya blog gue ada gunanya buat orang lain. Yiihaaa!

Nah kali ini gue mikir kayaknya lucu juga kalo gue bikin FAQ soal Disney CRP, you know, sekalian merangkum dari beberapa tulisan yang udah gue buat.

So why don’t we start?

FAQ


Q: Kapan sih biasanya dibuka pendaftarannya?
A: Nah ini nih. Jujur untuk batch-batch setelah gue, I’m not really sure when exactly it’s open. Gue pun udah gak pernah ngecek lagi. Hehe. My bad. Kalo gue boleh mengira-ngira sih, sepertinya akhir-akhir ini Disney Career mulai buka pendaftaran sekitar Oktober. Tapi saran gue sih, sebaiknya kalian emang kudu sering-sering ngecek websitenya Disney Career biar gak ketinggalan.

Q: Pergi ke Amriknya modal sendiri apa dibayarin Disney?
A: Modal sendiri. Tiket pesawat dan biaya bikin visa semua ditanggung sendiri. Jadi harus nyiapin dulu ya duitnya. But don’t worry. Duit tiket pesawat bakal diganti sama Disney pas program udah selesai.

Q: Kalo aku masih SMA boleh apply gak?
A: Programnya buat 18 taun keatas, jadi jawabannya enggak boleh.

Q: Apply-nya gimana sih?
A: Apply-nya? Tinggal cek websitenya Disney career atau Disney International Program (again, biasanya pendaftaran dibuka menjelang akhir tahun - Oct/Nov). Pendaftaran dengan mengirim email biasa entah masih diterima apa gak. 

Q: Cover letter sama CV perlu gak?
A: Cover Letter sama CV ya perlu lha, pan namanya juga ngelamar kerja. Gak perlu yang ribet2 cover letternya. Standar orang ngelamar kerja aja. CV juga gak perlu berlembar-lembar (kecuali kalo emang pengalaman kerja kalian udah banyak banget dan perlu dibeberkan semua).

Q: Aku masih kuliah, kira-kira aku ikutan daftar gak ya?
A: Kudu dipikir dan dipertimbangkan baik-baik. Tanya pendapat orang tua dulu. Berhubung programnya cuma setahun jadi either kalian ambil cuti kuliah atau consider it as gap year. But at least after the program is done, you can always go back to finish school.

- Extra A: Justru yang perlu banget mikir baik-baik adalah kalian yang udah kerja – terutama yang kantoran, karena gak mungkin juga kalian ninggalin kerjaan gitu aja selama setahun – unless your company is a really considerate one. Haha. Jadi mau gak mau ya kalian harus resign dan be prepared for finding another job after the program ends. Siap-siap juga jadi pengangguran setelah program. Hehe.

Q: Aku udah keterima nih, kira-kira waktu yang tepat buat bikin visa kapan ya?
A: It all depends on when you receive your Disney document (semua dokumen pendukung buat bikin visa). Biasanya abis pengumuman diterima, dokumen itu gak langsung nyampe. Kemungkinan 2 bulan atau sebulan sebelum jadwal program baru sampe ke rumah. Jadi kalo kalian udah dapet info diterima, santai aja dulu. Begitu dokumen sampe di rumah baru deh cuss bikin jadwal interview visa. Toh interviewnya gak pake babibu dan serba express. Udah pasti dapet juga visanya.

Q: Aku ada di daftar wait list nih. Harus gimana ya?
A: Ya jawab aja email yang di dapet. Kalo kalian masih mau untuk nunggu sampe posisi available, ya bales aja iya. Biasanya sih dikasih link yang harus diklik gitu di dalem email. Klik aja linknya. Abis itu ya kudu sabar nunggu lagi. Gue aja waktu itu dapet 5 email wait list (1 email per bulan). Hahaha. Kalo kalian gak mau nunggu, cuekin aja emailnya. Gak usah bales apa-apa.

Q: Insurance apa yang bagus ya buat selama 4 bulan pertama?
A: Hmm...jujur aja gue kemaren pun pakenya cuma travel insurance dari Zurich dan itu diterima-terima aja sih. Well, I guess as long as kalian gak kenapa2 during the first few months, travel insurance should be fine. Tapi kalo kalian mau, kalian bisa cari asuransi yang bisa cover selama setahun, jadi kalian gak perlu lagi ambil asuransi dari Disney. Soalnya asuransi dari Disney bakal motong gaji kalian buat bayar preminya

***

FAQ ini bakal gue update lagi kalau ada pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di DM gue. Untuk sementara segini dulu.

Oh iya, jangan lupa baca blognya dari awal ya supaya kira-kira punya bayangan seperti apakah CRP itu.

Til next time, folks!

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive